4+ Tips Beli Susu Formula yang Baik Bagi Anak

4+ Tips Beli Susu Formula yang Baik Bagi Anak

Sebagai orang tua, kita tentunya harus berhati-hati dalam memilih produk susu sambung untuk anak. Bukan hanya merk, tampilan kemasan, ataupun tanggal kadaluarsanya saja, tapi juga kandungan dan efek samping yang mungkin ditimbulkan. Lalu, bagaimana cara beli susu formula yang tepat bagi anak melalui Parenting Orami?

Tips Beli Susu Formula yang Baik Untuk Anak

1. Memeriksa Kandungan Dalam Susu

Hal paling penting dalam memilih produk susu formula ialah memeriksa kandungan yang dimilikinya. Amati dengan teliti kandungan gizi dan jenis bahan apa saja yang ada di dalam susu formula. Biasanya, produk susu kemasan akan memiliki kandungan probiotik, prebiotik,zat besi, DHA, dan ARA yang baik bagi tumbuh kembang si kecil.

Disamping itu, orang tua juga wajib mempertimbangkan kandungan gula yang ada dalam produk terkait. Sangat disarankan bagi Anda agar memilih produk susu rendah gula guna mengurangi resiko obesitas pada anak.

2. Susu Formula dengan Kandungan Kalsium

Pada dasarnya, susu formula ialah salah satu jenis susu yang mengandung banyak kalsium yang dibutuhkan anak-anak untuk pertumbuhannya. Oleh karena itu, pastikan untuk memperhatikan kadar kalsium pada susu formula.

Perlu diketahui, selain mampu meningkatkan kepadatan tulang dan gigi anak, kalsium juga berperan penting untuk menjaga struktur rangka dan meningkatkan kesehatan jantung.

3. Susu Formula Kaya Kandungan Asam Amino Esensial

Komponen lain yang sangat penting dan dibutuhkan dalam mengoptimalkan tumbuh kembang anak ialah Asam Amino Esensial. Ini dikarenakan Asam Amino Esensial berasal dari protein, dimana kandungan tersebut sangat penting dalam pembentukan jaringan tulang dan otot, serta mendukung kecerdasan si kecil.

4. Susu Formula dengan Tambahan Vitamin D

Vitamin D memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan organ vital sekaligus meningkatkan kekebalan tubuh anak. Susu formula dengan kandungan Vitamin D didalamnya dipercaya akan membantu sistem pencernaan dalam penyerapan kalsium.

5. Bahan Utama Kedelai

Sebagian besar anak yang biasa minum susu kedelai umumnya memiliki kondisi intoleransi laktosa atau alergi terhadap susu sapi. Karenanya, pastikan untuk memberikan susu kedelai sesuai dengan anjuran dokter, mengingat kebutuhan dari masing-masing anak cukup berbeda.

6. Coba Cek Tanggal Kadaluarsa

Jangan lupa untuk memeriksa tanggal kadaluarsa yang tertera pada kemasan susu formula. Pastikan agar masa kadaluarsa masih lama.

Selain itu, periksa apakah barang masih tersegel dengan baik atau tidak. Perlu diketahui, kemasan susu formula yang sudah rusak biasanya akan mempengaruhi kualitas susu di dalamnya.

7. Periksa Jenis Proteinnya

Jenis protein yang paling banyak direkomendasikan pada susu formula adalah Whey. Orang tua dapat memilih produk susu formula yang menggabungkan protein jenis kasein dan Whey, namun komposisi Whey-nya harus lebih tinggi dibanding protein kasein. Yakni sekitar 60:40. Rasio tersebut setara dengan nutrisi protein yang terkandung dalam air susu ibu.

Itulah beberapa tips yang bisa diterapkan saat beli susu formula. Bagaimana menurut Anda? Cukup mudah untuk dipraktekkan ya?

shares