5 Cara Mencegah Penyakit Kolesterol yang Tinggi

5 Cara Mencegah Penyakit Kolesterol yang Tinggi

Seseorang yang mengidap kolesterol tinggi, maka deposit lemaknya akan tertimbun pada pembuluh darah. Aliran darah yang tidak lancar menyebabkan pasokan darah ke jantung berkurang. Hal ini meningkatkan risiko serangan jantung. Berikut ini 5 cara mencegah penyakit kolesterol yang tinggi.

  1. Terapkan Pola Makan Sehat

Pola makan sehat dapat Anda lakukan dengan cara membatasi konsumsi makanan yang mengandung kolesterol sekaligus menghindari konsumsi minuman beralkohol. Disarankan untuk memperbanyak makan sayur, buah-buahan, dan ikan. Anda dapat mencari tahu informasi mengenai dasar nutrisi seimbang yang bisa membantu Anda memahami apa yang dibutuhkan tubuh agar bisa hidup sehat.

  1. Menurunkan Berat Badan Berlebih

Peningkatan jumlah penderita obesitas di seluruh dunia dan melonjaknya angka penyakit yang ditimbulkannya kini terhitung semakin bertambah. Diet makanan sehat bisa membantu Anda menjaga berat badan dan melindungi tubuh dari sejumlah kondisi medis seperti penyakit jantung dan kanker termasuk kolesterol tinggi. Dengan menurunkan berat badan, kadar kolesterol total juga turut menurun.

  1. Berolahraga Secara Teratur

Perlu Anda ketahui aktivitas fisik yang baik dapat memperbaiki kadar kolesterol dalam tubuh. Termasuk aktivitas olahraga yang rutin. Mulai dari jogging, lari, bersepeda, atau berenang, usahakan untuk berolahraga selama 30-60 menit setiap harinya.

Olahraga yang dilakukan secara teratur membuat persediaan jumlah oksigen dan nutrisi dalam jaringan tubuh menjadi maksimal. Tak hanya itu, rajin melakukan olahraga juga bermanfaat untuk  meningkatkan mood. Termasuk menghilangkan rasa stres, cemas atau depresi.

  1. Menghentikan Kebiasaan Merokok

Kebiasaan merokok berkaitan erat dengan peningkatan kadar kolesterol dalam tubuh. Pada dasarnya kebiasaan merokok adalah hal yang buruk jika dilihat dari segi kesehatan. Merokok dapat meningkatkan risiko penyakit jantung koroner dan mempercepat penumpukan plak dalam arteri.

Kebiasaan merokok dapat mempercepat kerusakan jantung dan pembuluh darah   terlebih jika sang perokok sudah memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Dampak rokok bagi kadar kolesterol darah adalah menurunkan kadar kolesterol baik sekaligus meningkatkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar trigliserida.

  1. Mengurangi Konsumsi Minyak

Untuk mencegah meningkatnya kadar kolesterol Anda wajib menghindari makanan dengan kandungan minyak berlebih. Selezat apapun rasanya jenis makanan dengan kandungan minyak berlebih dapat  menaikan kadar kolesterol jahat dalam tubuh Anda.

Jeroan, daging berlemak, mentega, krim, makanan berminyak, dan susu tinggi lemak merupakan beberapa jenis makanan yang patut dibatasi atau bahkan dihindari konsumsinya. Sebagai solusi Anda bisa memulai makan makanan yang tak mengandung minyak seperti, ayam rebus, tempe rebus, dan tahu rebus atau makanan lain yang diolah melalui metode rebus atau kukus.

Selain itu, Anda juga dapat mengonsumsi buah dan sayur. Salah satu buah yang baik untuk melawan kolesterol jahat adalah buah alpukat. Telah dijelaskan dalam sebuah situs bahwa alpukat mengandung nutrisi lemak jenuh yang sehat.

Nah, itulah 5 cara mencegah penyakit kolesterol. Sejumlah langkah di atas dapat Anda jadikan sebagai gaya hidup sehat untuk mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh Anda. Secara umum gejala kolesterol rawan dialami orang yang tinggal di perkotaan. Berbagai penyebab mulai dari kesibukan yang membuat jarang berolahraga hingga makanan tinggi lemak jenuh seperti fast food. 

shares