5 Tips Manajemen Barang di Warehouse

5 Tips Manajemen Barang di Warehouse

Dalam bisnis, warehouse atau gudang merupakan tempat yang digunakan untuk menyimpan stok barang yang akan dijual. Sebagai salah satu bagian bisnis dengan peran yang penting, diperlukan manajemen warehouse yang baik demi menjaga kegiatan bisnis yang teratur dan berjalan baik. Tanpa adanya manajemen yang baik di bagian pergudangan, bukan tidak mungkin rantai pasokan barang akan terganggu.

Pengelolaan gudang yang baik bisa menjadi awal yang baik pula untuk seluruh kegiatan bisnis Anda. Barang yang dikelola dengan baik akan tetap terjaga kualitasnya sehingga mampu meningkatkan kepuasan konsumen. Lalu, bagaimana tips manajemen barang di warehouse?

Manajemen Barang di Warehouse

Berikut ini ada beberapa tips manajemen warehouse yang bisa Anda terapkan.

1. Tata barang dengan cara memisahkannya

Yang pertama, tata barang dengan cara memisahkannya. Anda bisa membuat kode untuk masing-masing barang dan letakkan barang sesuai dengan kode-kode tersebut sehingga memudahkan Anda ketika harus mencari barang.

Selain itu, Anda juga perlu memisahkan barang sesuai dengan tingkat permintaannya. Maksudnya begini, dari sekian banyak barang yang Anda jual, tentu ada beberapa jenis barang yang sangat laku, laku, dan tidak terlalu laku di pasaran. Pisahkan barang menurut kategori tersebut. Tempatkan barang-barang yang paling laku di tempat yang mudah dijangkau dan barang-barang yang tidak terlalu laku di tempat lainnya. Jangan berkebalikan.

2. Atur rak dengan tata letak yang baik

Tips manajemen warehouse yang kedua adalah buat pengaturan dalam tata letak rak. Pastikan ada jarak antara rak yang satu dengan rak yang lainnya. Luasnya jarak ini bisa disesuaikan. Jika Anda mengambilnya secara manual, berarti setidaknya rak itu cukup untuk dilewati dua orang. Jika Anda menggunakan alat tertentu, pastikan jarak antar rak bisa dilewati oleh alat tersebut.

3. Tentukan metode untuk mengambil barang

Yang ketiga, Anda perlu menentukan metode terbaik untuk mengambil barang. Terkesan sepele, namun ini adalah hal yang penting demi menjaga warehouse tetap rapi dan menjaga efisiensi kerja.

Ada beberapa metode pengambilan barang yang bisa Anda pilih, yaitu :

  • Zone picking
  • Batch picking
  • Cluster picking
  • Wave picking

 

4. Gunakan Warehouse Management System

Yang keempat, gunakan Warehouse Management System (WMS). Ini merupakan aplikasi yang digunakan untuk manajemen warehouse secara otomatis, mulai dari pengawasan keluar masuknya barang hingga inventaris barang. Jadi, Anda tidak perlu lagi melakukannya secara manual.

5. Lengkapi gudang dengan sistem keamanan

Yang kelima, warehouse perlu dilengkapi dengan sistem keamanan yang lengkap. Anda bisa menambahkan CCTV untuk mengawasi segala kegiatan yang ada di gudang. Selain itu, Anda juga perlu melengkapi gudang dengan sistem keselamatan karyawan yang memadai.

Nah, itulah 5 tips manajemen barang di warehouse. Anda bisa memanfaatkan teknologi terkini untuk manajemen warehouse yang bisa dipantau secara real time, di manapun dan kapanpun.

shares