Cara Memilih Sepatu Basket Sesuai dengan Kaki Anda

Cara Memilih Sepatu Basket Sesuai dengan Kaki AndaPemilihan sepatu basket yang tepat sangat penting untuk pemain basket. Sepatu yang tepat bisa membantu mengurangi risiko cedera dan membuat pergerakan di lapangan meningkat. Berikut di bawah ini ada tips yang dapat Anda gunakan untuk memilih sepatu basket yang sesuai. Sepatu basket bisa dibedakan dalam tiga jenis: High Top, Low Top dan Mid-Top. Model sepatu ini ditentukan oleh gaya bermain dan pilihan Anda. Setiap jenis sepatu memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing, yakni:

  • Sepatu Basket Mid Top

Model ini memiliki tinggi hanya sebatas ankle. Oleh sebab itu, model ini masih memberikan cukup proteksi untuk ankle. Oleh karena modelnya yang lebih pendek daripada high top, model ini masih diberikan kebebasan untuk bergerak daripada model high top. Sepatu ini sesuai untuk pemula dan all-around player. Sepatu ini juga paling banyak penggunanya.

  • Sepatu Basket Low Top

Keuntungan dari model ini yaitu paling ringan dari tiga jenis sepatu. Teori sepatu ini memberi akses untuk pemain bermain lincah dan cepat di lapangan. Namun perlu dicatat, bahwa sepatu ini tidak memberi perlindungan pada ankle dengan baik.

  • Sepatu Basket High Top

Dari tiga tipe ini, tipe ini merupakan yang paling memiliki perlindungan pada ankle, dan juga paling memiliki stabilitas bagus. Namun disebabkan material tambahannya, model ini merupakan yang paling berat. Bila Anda memerlukan perlindungan ekstra untuk ankle dan stabilitas ekstra pada pergerakan Anda, pilihlah model ini.

Sepatu Basket Sesuai Gaya Permainan

Model pemain apakah Anda? Apakah Anda merupakan tipe pemain yang suka slashing dan cutting dengan mengandalkan kelincahan dan kecepatan? Apakah Anda adalah tipe pemain yang sering post-up atau beradu badan dengan tipe pemain big man? Menentukan model permainan merupakan kunci dalam menentukan sepatu yang sesuai untuk digunakan. Berikut adalah tipe permainan yang umum dan tipe sepatu paling tepat berdasarkan tipe permainan tersebut:

  • Sepatu Basket untuk Gaya Speedster

Pemain cepat mengandalkan kecepatan dan kelincahan, jadi mereka tidak memerlukan adanya berat tambahan untuk menahan permainan mereka. Oleh sebab itu, Low Top merupakan sepatu yang paling cocok mereka gunakan.

  • Sepatu Basket untuk Gaya All Around Player

Jenis permainan ini mengkombinasikan semua aspek dalam pertandingan, baik itu post-up, cutting atau slashing. Oleh sebab itu, tipe permainan ini memerlukan sepatu yang memiliki kelenturan dan proteksi yang baik. Mid Top merupakan sepatu yang bisa menyediakan kebutuhan ini.

  • Sepatu Basket untuk Power Player

Secara umum model permainan ini merupakan yang paling banyak mengandalkan post-up. Beradu badan pada area low post merupakan hal yang biasa untuk jenis ini. Karena jenis permainan ini yang paling banyak kontak fisik dan loncatan, power player memerlukan sepatu dengan stabilitas dan ekstra proteksi. Berat tambahan tidak berpengaruh untuk jenis permainan ini. Oleh sebab itu, sepatu yang paling sesuai dipakai adalah mid top atau high top.

Rekomendasi Sepatu Basket

  • Sepatu Nike Zoom Devosion

Perusahaan olahraga paling besar di dunia ini berbasis di Amerika Serikat. Nike telah dikenal sejak dulu membuat berbagai kebutuhan olahraga. Salah satu produknya yaitu sepatu basket Nike Zoom Devosion. Sepatu ini keren dan memiliki cutting mid top. Membuat gerakan menjadi nyaman walau langkahnya cepat. Ada forefoot zoom air yang jadi bantalan responsif untuk membuat pemain lebih cepat melangkah. Mempunyai lapisan kulit sintetis membuat sepatu ini memiliki daya tahan lebih kuat.

  • Sepatu Adidas Men TD 5 Commander

Adidas adalah pesaing dari Nike, Adidas juga membuat aneka alat olahraga. Merek ini telah dikenal luas di semua penjuru dunia. Untuk urusan sepatu basket, merek yang berada di Herzogenaurach Eropa ini juga mempunyai produk andalan. Salah satunya adalah Sepatu Adidas Men TD 5 Commander. Sepatu basket dari adidas ini memiliki cutting high top. Modelnya juga keren, bisa juga Anda gunakan menjadi sneakers untuk hangout.

  • Sepatu Nike Air Jordan 5 Retro

Nike ini berdiri pada tahun 1964 lalu dengan nama awal Blue Ribbon Sports. Dulu Nike hanya menjadi distributor sepatu Onitsuka Tiger, sebuah perusahaan sepatu dari Jepang. Selanjutnya tahun 1971 berubah menjadi Nike atas usulan Jeff Johnson sebagai pegawai pertamanya. Memiliki bahan kulit, sepatu Nike Air Jordan 5 Retro adalah sepatu basket bersol karet. Anda pasti menyukai model dan warna yang keren dari sepatu ini. Ada warna putih dan hitam dengan kombinasi gold yang memukau.

Selalu Utamakan Kualitas Sepatu (gunakan H2)

Salah satu hal paling penting ketika memilih sepatu yaitu pilih sepatu yang bisa memenuhi kebutuhan Anda. Tidak karena warna atau model sepatu. Seringkali pemain tergoda pada pilihan warna dan model yang menarik di toko sepatu. Fokuslah pada permainan dilapangan, bukan sepatunya. Seperti dikatakan di atas bahwa memilih sepatu untuk bermain basket memegang peran penting, sebab ini bisa berpengaruh pada permainan Anda.

Akan tambah krusial karena ketika bermain Anda wajib merasa nyaman, khususnya pada bagian kaki, yang menjadi tumpuan utama. Jangan sampai sering kalah disebabkan salah memilih sepatu. No excuses, Anda harus mengutamalan kualitas, jangan beli produk palsu.  Lebih mahal sedikit tidak mengapa, sejauh itu baik untuk permainan basket Anda.

shares