Ekonomi Kreatif 2021 yang Layak Dicoba (Peluang Usaha, dll)

Ekonomi Kreatif 2021 yang Layak Dicoba (Peluang Usaha, dll)

Pengembangan ekonomi kreatif di Indonesia masih sangat luas dengan banyaknya permintaan dan tersedianya sumber daya alam yang melimpah. Bagi kamu yang ingin sukses bisnis kreatif tahun 2021, kamu bisa mencoba beberapa peluang bisnis yang ada.

Pengertian Ekonomi Berbasis Kreatif

Ekonomi kreatif merupakan konsep baru untuk menyongsong perkembangan ekonomi di masa mendatang. Konsep ini mengutamakan adanya pelaku bisnis yang penuh informasi dan kreatif untuk menghasilkan produk maupun jasa.

Ide dan pengetahuan dari pelaku bisnis menjadi hal utama penentu kesuksesan bisnis ekonomi berbasis kreatif. Kesuksesan bisnis ini bukan ditentukan oleh modal yang besar dan ketersediaan lahan yang luas, tetapi lebih kepada kemampuan dan ide kreatif pebisnis.

Ciri ekonomi berbasis kreatif adalah:

  1. Adanya unsur kreativitas dan bakat yang memiliki nilai jual.
  2. Barang dan jasa yang dihasilkan memiliki siklus singkat, beraneka ragam, dan dapat ditiru (persaingan ketat).
  3. Penyediaan produk/jasa kreatif bisa secara langsung maupun tidak langsung ke pelanggan.
  4. Membutuhkan kerjasama yang bagus antara pelaku bisnis kreatif, pemerintah, klien, dan pelaku bisnis lain.
  5. Berlandaskan ide/gagasan utama pelaku bisnis.
  6. Bersifat relatif.
  7. Pengembangannya luas dan bisa diterapkan di banyak area ekonomi.

Contoh industri kreatif di Indonesia adalah periklanan, penerbitan, fashion, desain interior, arsitektur, dll. Saat ini, industri kreatif telah berkembang luas baik di kota maupun di desa. Hal ini didukung oleh SDM pebisnis yang lebih kreatif dan maju.

Industri Kreatif 2021

Jika kamu mengalami kegagalan di ekonomi berbasis kreatif 2020, kamu tidak perlu sedih karena kamu bisa mencoba bisnis lagi di tahun 2021. Banyak sekali peluang bisnis baru yang bisa kamu coba dengan menargetkan pasar luar negeri.

Menurut data yang dikeluarkan oleh BEKRAF, 3 subsektor industri kreatif di Indonesia menyumbang jumlah yang besar dalam komoditi ekspor. Sektor tersebut adalah fashion, kuliner, dan kriya.

Data ekspor ini dapat menjadi tolok ukur permintaan pasar luar negeri. Jika kamu jeli, kamu bisa mencoba salah satu subsektor di atas dan menargetkan ekspor ke luar negeri.

Saat ini, persyaratan ekspor sudah semakin mudah dan adanya internet telah banyak membantu para pelaku bisnis untuk mendapatkan klien luar negeri dan berkomunikasi. Dengan internet, pembayaran barang serta surat-surat perjanjian bisnis pun semakin mudah dilakukan tanpa harus tatap muka.

Peluang Usaha 2021 Kriya

Produk kriya Indonesia semakin banyak digemari di luar negeri dengan banyaknya produk lokal yang diekspor. Nilainya pun cukup tinggi dan ini membuktikan bahwa produk dalam negeri bisa bersaing dengan produk luar negeri.

Berikut beberapa cara yang bisa kamu tempuh agar bisnis kriya kamu bisa tembus ekspor:

1. Menjual Produk Kreatif

Kamu harus pintar mengkreasikan produk kriya dan buatlah berbagai bentuk yang unik dan memiliki fungsi. Dengan produk yang kreatif dan tidak pasaran, pasar luar negeri bisa melirik produk milikmu.

2. Produk Eco-Friendly

Saat ini, isu lingkungan sangat gencar disuarakan dan orang menginginkan produk yang tidak membahayakan lingkungan. Kamu bisa mengkreasikan produk milikmu dengan dengan proses pembuatan yang lebih efisien dan eco-friendly untuk menambah kepercayaan pelanggan.

3. Menjaga Kualitas

Kualitas barang harus selalu dijaga dan hal ini bisa menjadi penentu utama produkmu bisa bersaing di luar negeri. Dengan kualitas terjamin, pelanggan kamu pun bisa bertambah.

4. Mencari Pasar Baru

Jangan hanya berpatok pada 1 negara untuk memasarkan produkmu. Selalu cari pasar baru dan tawarkan produkmu dengan berbagai kelebihannya. Pasar baru akan mampu meningkatkan omset penjualan kamu sekaligus dapat mengembangkan bisnis.

5. Memberikan Iklan Kompetitif

Kamu bisa saja menawarkan potongan harga untuk pembelian besar atau free packing untuk pembelian jumlah tertentu. Kamu masih bisa untung karena bisa menaikkan harga produk. Karena itu, trik penawaran khusus diharapkan bisa menarik pelanggan baru.

Dengan izin usaha yang jelas dan merek dagang yang paten untuk produkmu, maka ekspor barang ke pasar luar negeri akan semakin mudah. Manfaatkan kemudahan ekspor di era digital ini dan jadilah penopang ekonomi tanah air dengan produk yang berdaya saing tinggi dari subsektor ekonomi kreatif.

shares