Gejala Penyakit Batu Ginjal yang Sulit untuk Diketahui

Gejala Penyakit Batu Ginjal yang Sulit untuk DiketahuiGejala penyakit batu ginjal perlu diperhatikan sejak usia muda. Hal ini bertujuan agar dapat melakukan pencegahan lebih awal. Penyakit ini sangat rentan menyerang usia lanjut.

Pola hidup yang tidak sehat sejak muda sebaiknya segera hindari. Saat usia lanjut nanti akan merasakan penyesalan. Sebab, penyakit ginjal bisa menyerang organ penting lainnya dalam tubuh.

Batu ginjal merupakan penyakit dengan endapan mineral, kristal, serta asam garam yang menumpuk dan mengeras. Batuan yang mengeras tersebut terbentuk dalam kandung kemih atau piala ginjal.

Nama lain dari penyakit batu ginjal adalah kencing batu. Endapan batu ini mengandung zat kapur maupun garam tidak larut. Sehingga tidak terbuang melalui urin.

Gejala Penyakit Batu Ginjal

Ada banyak faktor yang menyebabkan batu ginjal. Biasanya karena pola hidup yang tidak sehat dan adanya gangguan penyakit lain. Makanan yang mengandung zat kapur dan garam yang tinggi bisa menyebabkan terbentuknya batu ginjal.

Meskipun tak mudah mengenali penyakit batu ginjal, namun dengan penanganan dini bisa mencegah hal tersebut. Berikut adalah tanda-tanda adanya batu ginjal.

Sakit Saat Kencing

Orang yang menderita batu ginjal umumnya akan merasakan sakit saat buang air kecil. Hal ini karena endapan yang sudah mulai mengeras. Sehingga menghambat saluran kemih saat buang air kecil.

Biasanya mereka juga akan kesulitan untuk mengeluarkan urin. Batu ginjal tersebut menyumbat saluran kemih. Menyebabkan urin sulit untuk keluar.

Keluar Darah Saat Buang Air Kecil

Batu ginjal yang sudah mengeras bisa melukai organ dalam penderita. Tak heran jika terdapat gejala penyakit batu ginjal, pada saat buang air kecil ada darah yang keluar. Biasanya kondisi yang seperti ini penderita sudah mengalami batu ginjal yang sangat parah.

Bau Urin Menyengat

Fungsi ginjal akan terganggu dengan adanya endapan batu tersebut. Sehingga menyebabkan bau urin tidak sedap dan menyengat. Zat racun yang ada pada tubuh penderita tidak terproses dengan baik.

Demam dan Menggigil

Terkadang penderita akan mengalami demam tinggi dan menggigil. Tidak lolosnya zat racun menyebabkan seseorang mengalami demam tinggi. Zat tersebut tidak ikut terbuang bersama urin saat buang air kecil.

Hal ini bisa menyebabkan munculnya penyakit lain, karena imunitas tubuh menurun. Gejala ini umum bagi penderita batu ginjal.

Timbul Rasa Mual

Gejala penyakit ginjal yang berikutnya adalah timbul rasa mual. Racun yang ada pada tubuh penderita tidak tersaring secara optimal. Sehingga muncul zat berbahaya yang memicu adanya rasa mual.

Terkadang penderita juga bisa sampai muntah. Hal ini tergantung dari daya tahan tubuh masing-masing. Gejala ini umum pada penyakit lainnya, jadi harus lebih berhati-hati.

Tubuh Bengkak

Pertanda penyakit batu ginjal yang paling sering terlihat adalah tubuh yang mulai membengkak. Pembengkakan biasanya ada pada mata, kaki, dan tangan.

Tubuh Mudah Lelah

Gejala penyakit batu ginjal juga terlihat jika penderita mudah lelah. Ini karena suplai energi pada tubuh kurang. Kerja fungsi ginjal akan terganggu sehingga pemenuhan nutrisi juga berkurang.

Ginjal tidak bisa menyerap nutrisi pada makanan yang masuk ke lambung. Menyebabkan tubuh penderita mudah lemas dan lelah.

Tidak Nafsu Makan

Orang yang sakit biasanya akan tidak nafsu makan. Sama halnya dengan penderita batu ginjal, mereka juga kehilangan nafsu makan.

Jika berlangsung lama tanpa adanya penanganan dari dokter, bisa berakibat fatal. Imunitas tubuh akan menurun drastis dan mudah terserang penyakit. Gejala batu ginjal ini umum pada penyakit lainnya.

Setelah mengetahui gejala penyakit batu ginjal, maka kita harus memulai pola hidup sehat. Ini akan menjadi langkah awal dalam melakukan pencegahan.

shares