Mengenal Tentang Daya Tahan Tubuh Anak

Mengenal Tentang Daya Tahan Tubuh AnakDaya tahan tubuh anak berperan penting dalam melawan penyakit yang disebabkan oleh mikroorganisme seperti virus, bakteri, jamur, dan parasit. Dengan ini anak akan terlindungi dari berbagai jenis penyakit yang dapat mengganggu tumbuh kembangnya. Daya tahan tubuh dapat bekerja secara normal dan optimal apabila nutrisi anak tercukupi setiap harinya.

Nutrisi Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

Anak biasanya membutuhkan karbohidrat, protein, dan lemak sebagai nutrisi utama dalam penunjang aktivitas dan pemenuhan energi setiap harinya. Namun mikronutrien juga dibutuhkan dalam meningkatkan daya tahan tubuh anak yang kuat. Yang termasuk mikronutrien adalah vitamin A, C, D, E, vitamin B kompleks yaitu B2, B6, dan B12, zat besi, selenium, asam folat, dan zinc.

Dengan memberikan vitamin dan mineral yang cukup maka produksi sistem imun akan meningkat dan juga lebih kuat. Hal ini membuat daya tahan tubuh akan meningkat dan mempercepat proses penyembuhan luka.

Hanya saja asupan makanan biasanya belum tentu mencukupi apalagi bagi anak yang memiliki nafsu makan rendah atau yang suka memilh makanan. Oleh karena itu, ibu bisa memberikan susu formula yang mengandung kandungan nutrisi yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh serta nutrisi lainnya untuk mendukung kesehatan dan pertumbuhan si kecil.

Tanda-tanda Daya Tahan Tubuh Anak Menurun

Sistem imun tubuh diperlukan agar tubuh anak terlindung dari berbagai jenis penyakit atau meskipun terserang penyakit maka proses penyembuhannya akan lebih cepat dibandingkan anak dengan sistem imun rendah. Apabila daya tahan tubuh anak tidak bekerja dengan baik, proses tumbuh kembang anak akan terganggu. Anak juga akan lebih sering sakit bahkan berdampak pada nafsu makannya yang menurun.

Sistem imun biasanya akan mengalami penurunan apabila anak lahir dengan gangguan sistem imun tubuh, mengalami kekurangan gizi atau malnutrisi, dan mengalami infeksi virus yang menyerang sistem imun tubuh. Anak yang mengalami malnutrisi akan lebih mudah mengalami infeksi sehingga mengalami gangguan sistem imun dan akhrinya meningkatkan infeksi di mana dapat mengancam nyawa.

Anak yang mengalami penurunan daya tahan tubuh karena kekurangan gizi dapat ditandai dengan rasa lelah yang berkepanjangan, mudah mengalami gangguan saluran pencernaan seperti kembung, diare, sembelit, atau sakit perut, mudah mengalami infeksi berulang seperti flu, batuk, salesma, atau bronkitis, dan mudah mengalami infeksi seperti sinusitis, infeksi telinga, atau radang paru.

Maka dari itu ibu harus memperhatikan asupan nutrisi harian si kecil untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak. Ibu bisa memberikan susu formula Nutrilon Royal sesuai dengan umurnya. Kandungan ActiDuoBio+, FOS:GOS 1:9, vitamin C dan vitamin E mampu meningkatkan dan memperkuat sistem imun anak sedangkan DHA, omega 3, omega 6, dan zat besi dapat meningkatkan kemampuan berpikir anak.

shares