Minat Musik Masyarakat Indonesia Dari Tahun Ke Tahun

Minat Musik Masyarakat Indonesia Dari Tahun Ke TahunRasanya berbicara tentang musik tidak akan habisnya, terutama untuk perkembangan musik di Indonesia. Semua tentu akan sangat tertarik perkembangan kultur musik yang berubah setiap tahunnya. Minat masyarakat terhadap tren musik 15 – 20 tahun yang lalu mungkin masih sedikit berbeda dengan zaman sekarang, dimana antusias orang-orang terhadap musik semakin besar, terutama anak muda. Bagaimana tren musik tersebut dari tahun ke tahun?

Berikut ini perkembangan kultur untuk musik di Indonesia yang selalu berkembang setiap tahunnya:

  1. 2000 – 2006

Mari kita mulai tren pada musik Indonesia belasan tahun lalu yaitu di tahun 2000-2006. Selama 6 tahun perkembangan musik di Indonesia tidak terlihat berubah drastis, ditahun-tahun ini adalah masa keemasan kultur untuk musik pop kreatif. Awal tahun 2000 – an inilah mulai muncul band papan atas seperti Kerispatih, Ungu dan Peterpan yang meraja lela di panggung musik Indonesia.

Bahkan, berikat musik yang mereka tawarkan tersebut sampai sekarang masyarakat masih mengingat dan suka kangen dengan beberapa band tersebut. Sekarang, pun beberapa band tersebut masih eksis dan memiliki tempat dihati masyrakat Indonesia.

  1. 2006 – 2010

Setelah band dengan pop kreatif eksis beberapa tahun, kultur musik Indonesia di perengahan tahun 2006 hingga 2010, muncul lah beberapa band yang menawarkan musik melayu di genre musik mereka. Beberapa band yang memplopori genre musik tersebut seperti ST12, Kangen Band, Hijau Daun, dan beberapa jenis band lainnya yang sejenis.

Band-band dengan aliran musik melayu tersebut diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia dan pada saat itu ada anak muda Indonesia yang membuat band dengan aliran musik yang sama. Walau begitu tetap, genre musik seperti pop kreatif masih diterima dengan baik.

  1. 2010 – 2012

Berakhirnya kultur musik dengan genre melayu, masyarakat pun mulai menyukai KPop. Dengan antusias masyarakat besar terhadap Kpop beberapa musisi pun membentuk Girl band dan Boy Band asal Indonesia.

Mayarakat pun mulai menyukai genre musik tersebut dan saat itu tren musik ini menjamur dan ada banyak Girl dan Boy Band yang bermunculan di Industri musik Indonesia.

  1. 2012 – Sekarang

Mulai tahun 2012 hingga sekarang ternyata kultur musik yang disukai oleh masyarakat Indonesia mulai berubah. Di tahun 2012 awal mulai muncul penyanyi solo dengan aliran musik Jazz, walaupun sebelumnya Glen Fredly sudah mulai membawakan genre musik yang satu ini. Penyanyi solo dengan aliran-aliran pop jazz tersebut yang terkenal dan disukai masyarakat Indonesia adalah Raisa, Isyana, Tulus dan Afgan.

Mereka berhasil menyajikan jenis dengan kultur musik yang berbeda, akan tetapi bisa diterima dengan baik oleh masyarakat.

Demikian beberapa minat musik masyarakat Indonesia yang berbeda dari tahun ke tahun. Semoga artikel ini membuat pengetahuan Anda tentang musik lebih luas.

shares