Panduan Memilih Jasa Colocation Server Terbaik

Panduan Memilih Jasa Colocation Server TerbaikColocation merupakan layanan tempat menitipkan atau menyimpan server pada data center. Hal ini bertujuan untuk memenuhi standar keamanan fisik data center tersebut. Bagi Anda yang sedang akan menggunakan jasa colocation untuk data center perusahaan Anda, ada baiknya Anda menyimak panduan memilih jasa colocation server terbaik berikut ini.

Pengertian Colocation

Colocation adalah suatu layanan tempat untuk penitipan atau penyimpanan server pada data center dengan infrastruktur dan juga standar keamanan fisik. Beberapa infrastruktur yang diperlukan pada colocation adalah arus listrik yang stabil, power generator, flooring, UPS, akses internet yang stabil, CCTV, security, dan juga air temperatur control.

Server-server ini biasanya ditempatkan dan di tata di rak khusus. Saat ini, banyak colocation di Indonesia, termasuk Lintasarta yang menyediakan layanan terbaik. Hal ini tentunya membantu kliennya supaya lebih mudah bekerja.

Layanan colocation ini sangat menguntungkan karena Anda bisa menghemat biaya bulanan. Walaupun Anda menggunakan server dengan spesifikasi yang tinggi, menengah, atau rendah, hal tersebut tidak akan mempengaruhi biaya bulanan layanan colocation yang Anda gunakan jasanya.

Tips Memilih Jasa Colocation Terbaik

Memilih colocation terbaik bisa menjadi solusi perlindungan untuk server-server perusahaan Anda. Jika Anda salah dalam memilih colocation untuk perusahaan Anda, maka hal tersebut bisa berpengaruh bagi operasional perusahaan dan juga keamanan perusahaan Anda. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk memilih jasa colocation terbaik.

  1. Perhatikan Reputasi dan Tier Data Venter

Reputasi penyedia jasa colocation server merupakan salah satu hal penting yang perlu Anda perhatikan. Pastikan Anda hanya memilih perusahaan penyedia jasa colocation yang bisa memberi jaminan server terbaik dan mempunyai reputasi.

Selain itu, pilihlah perusahaan penyedia jasa colocation yang sudah terbukti dan tersertifikasi. Anda juga harus mengutamakan jasa penyedia colocation yang bisa memberi jaminan server Anda tidak akan bermasalah dalam beberapa tahun mendatang. Oleh sebab itu, Anda harus jeli sebelum menandatangani kontrak.

  1. Utamakan Koneksi Internal dan Eksternal yang Baik

Tips berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah memilih jasa colocation yang memiliki koneksi baik. Koneksi tersebut mencakup koneksi internal dan juga koneksi eksternal. Biasanya, di tiap data center mempunyai internet change sendiri. Hal ini bertujuan agar mendapat kemudahan dalam operasional perusahaan jika menggunakan ISP yang berada pada 1 exchange.

  1. Pilih yang Mempunyai Stabilitas Jaringan yang Baik

Seperti yang telah dijelaskan di atas, Anda bisa mempertimbangkan colocation yang memiliki stabilitas jaringan yang baik. Sehingga, bisa memudahkan Anda dalam menjalankan berbagai macam kegiatan perusahaan.

  1. Pertimbangkan Keamanan Jasa Colocation

Sudah seharusnya para server di data center ditempatkan di lokasi yang aman. Aman di sini berarti aman dari jangkauan orang asing ataupun bencana. Pasalnya, server adalah asset penting bagi perusahaan. Maka dari itu, wajib hukumnya untuk memilih jasa colocation yang terbaik untuk meminimalisisr risiko kerugian.

  1. Pertimbangkan Harga yang Ditawarkan

Pastikan Anda memilih jasa colocation yang murah dan sesuai dengan bujet yang perusahaan Anda miliki. Paling tidak, Anda harus memilih jasa colocation yang sesuai dengan kebutuhan dan juga bisa memberi pelayanan berkualitas dan optimal bagi perusahaan. Soal harga, sebaiknya Anda juga tidak melupakan bujet setup yang perlu dibayarkan oleh perusahaan.

Nah, itu dia ulasan mengenai panduan memilih jasa colocation server terbaik yang patut Anda ketahui. Jika Anda mencari solusi IT terbaik untuk colocation, Anda bisa menggunakan layanan dari Lintasarta. Lintasarta menyediakan berbagai jasa IT terbaik termasuk colocation untuk perusahaan Anda.

shares