Program Hamil? Hindari 6 Makanan Ini saat Masa Subur Wanita

Begini Cara Menghitung Masa Subur WanitaMasa subur wanita adalah waktu yang tepat untuk pembuahan sel telur oleh sprema agar menjadi janin dan akhirnya menjadi bayi. Anak merupakan impian bagi siapa saja yang menikah. Namun, tidak semua pasangan beruntung langsung diberikan momongan. Terkadang mereka harus berusaha terlebih dahulu dengan menghindari berbagai makanan.

6 Makanan yang Harus Dihindari saat Masa Subur Wanita

Makanan menjadi asupan gizi bagi kita untuk tetap menjaga kesehatan. Pemilihan makanan penting untuk diperhatikan, terutama bagi Anda yang sedang menjalankan program kehamilan. Terdapat beberapa makanan yang dapat menurunkan masa subur sehingga harus dihindari agar program hamil bisa berhasil.

  • Minuman dalam kemasan botol plastik

Untuk menjaga kesuburan, disarankan bagi wanita untuk menghindari makanan atau minuman yang mengandung bisphenol A (BPA) yang sering terkandung dalambotol-botol minuman kemasan. Jika Anda tidak ingin tingkat kesuburan menurun, maka hindari minuman ini.

  • Makanan dan minuman dengan kandungan listeria

Bakteri listeria banyak terkandung dalam beberapa jenis keju, susu murni yang tidak dipasteurisasi dan apel impor. Bukan saja menyebabkan keracunan, bakteri ini juga memungkinkan terjadi keguguran. Jadi, jagalah kesuburan Anda dengan menghindari makanan atau minuman ini.

  • Produk susu low fat

Susu low fat dan produk yoghurt rendah lemak mampu menyebabkan tubuh melepaskan hormon androgen sehingga dapat memengaruhi siklus haid wanita. Dengan demikian, masa subur wanita menjadi lebih sulit untuk diperhitungkan.

  • Makanan dengan kadar gula yang tinggi

Jika Anda sedang menjalani program hamil, sebaiknya menghindari makanan dengan kadar gula tinggi, seperti fast food, nasi putih, kentang atau minuman bersoda. Terlebih jika Anda tidak mengimbanginya dengan berolahraga maka bisa menjadi penyebab gagalnya program hamil Anda.

  • Daging dengan kematangan medium rare

Jika Anda ingin cepat hamil, maka hindari mengonsumsi daging yang dimasak setengah matang saat masa subur. Sebaiknya, daging dimasak dengan tingkat kematangan yang sempurna. Begitu juga dengan telur dan sushi. Makanan yang belum matang berpeluang mengandung bakteri berbahaya, seperti coliform, salmonela dan toxoplasmosis.

  • Seafood yang mengandung merkuri

Makanan yag satu ini memang kaya akan manfaat. Sayangnya, kebanyakan seafood telah terkontaminasi dengan merkuri. Jika Anda mengonsumsinya, maka merkuri akan mengendap dalam tubuh sehingga dapat memengaruhi kesuburan dan dapat membahayakan kesehatan janin jika sudah terbentuk.

Beberapa makanan di atas mungkin dapat memenuhi kebutuhan kita akan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Namun, tingkat kesuburan dapat menurun sehingga bisa menjadi penyebab gagalnya program kehamilan. Jika Anda tidak ingin hal itu terjadi, maka Anda harus menghindari makanan atau minuman tersebut dan menggantinya dengan gizi seimbang.

Makanan dan minuman yang bergizi bagi Anda saat menjalankan program hamil bisa didapatkan melalui Orami. Masa subur wanita menjadi meningkat jika Anda dapat memenuhi asupan gizi tubuh dengan baik.

shares