Tips Tepat Memberikan Makanan Kucing Hamil

Tips Tepat Memberikan Makanan Kucing Hamil

Sama seperti manusia, kucing yang hamil juga membutuhkan nutrisi yang cukup dan bahkan lebih untuk perkembangan janin yang ada di kandungannya. Kucing merupakan salah satu jenis hewan mamalia yang hamil dan menyusui. Memberikan makanan terbaik akan melancarkan proses hamil kucing. Nah, di bawah ini adalah tips dalam memberikan makanan kucing hamil.

  1. Perhatikan Jumlahnya

Pada masa kehamilan, kucing lebih membutuhkan nutrisi lebih banyak dibandingkan ketika ia tidak hamil. Oleh sebab itu, dalam proses pemberian makan, ada baiknya jika jumlah makanan yang diberikan harus diperhatikan.

Nah, karena jumlah nutrisi yang diperlukan jauh lebih banyak, otomatis porsi makan si kucing juga harus diperbanyak lagi. Pasalnya, kucing yang hamil lebih cepat lapar dibandingkan pada saat ia tidak hamil.

  1. Jenis Makanan

Ada banyak sekali jenis makanan yang bisa Anda berikan pada kucing yang sedang hamil. Jenis makanan ini bisa berupa makanan basah dan makanan kering tergantung selera. Namun, pada saat kucing sedang hamil, pastikan bahwa kebersihan dan kesehatan makanan yang diberikan tetap terjaga. Jika perlu, Anda bisa memberikan kucing hamil makanan olahan sendiri agar lebih sehat.

  1. Berikan Makanan Favorit

Pada saat kucing sedang hamil, coba deh berikan ia makanan favoritnya. Mengapa demikian? Makanan favorit akan lebih disukai oleh kucing. Selain itu, kucing juga akan makan dengan lebih lahap. Dengan demikian, kebutuhan nutrisinya akan terpenuhi dengan baik.

  1. Durasi Pemberian Makanan

Tidak hanya memperhatikan jenis dan jumlahnya saja. Namun, dalam proses pemberian makanan kucing hamil harus memperhatikan durasi juga. Durasi pemberian makanan pada kucing hamil harus lebih sering dibandingkan pada saat ia tidak hamil.

Seperti halnya manusia, kucing yang sedang hamil lebih mudah lapar. Hal ini wajar karena terdapat banyak anak yang ada di dalam perutnya dan membutuhkan nutrisi yang cukup.

  1. Berikan Kucing Perhatian yang cukup

Selain diberikan makanan yang bergizi untuk memenuhi nutrisinya, kucing yang sedang hamil juga membutuhkan perhatian lebih dari pemiliknya. Pada saat hamil, ada baiknya jangan biarkan kucing keluar rumah dan sebisa mungkin jauhkan kucing yang hamil dengan kucing lainnya.

Jika perlu, Anda bisa menyediakan kucing tempat yang nyaman. Jangan lupa pula untuk melakukan vaksinasi dan jangan berikan obat pada kucing. Seperti halnya manusia, kucing yang sedang hamil juga tidak bisa diberi sembarang obat karena berbahaya bagi janinnya.

Dengan memperhatikan makanan kucing hamil, kucing kesayangan Anda akan tumbuh dengan lebih sehat. Tidak hanya itu, bayi kucing yang lahir juga akan sehat karena tidak kekurangan nutrisi selama berada di dalam kandungan. So, untuk Anda yang masih bingung dalam memilih makanan untuk kucing hamil, berikan ia makanan terbaik agar gizi yang diperlukan seimbang.

shares