Ulasan Seputar Fungsi Jantung, Bagian-bagian dan Cara Menjaga Kesehatan Jantung

Ulasan Seputar Fungsi Jantung, Bagian-bagian dan Cara Menjaga Kesehatan JantungJantung merupakan bagian vital yang berada didalam tubuh yang memiliki tugas menerima dan memompa darah ke seluruh bagian tubuh. Ukuran jantung sedikit lebih besar dengan ukuran kepalan tangan yang berada di antara paru-paru, belakang kiri bagian tulang dada atau berada di tengah dada. Jantung memiliki beberapa bagian yang masing-masing memiliki fungsinya. Fungsi jantung perlu dijaga dengan baik supaya tidak mudah sakit dan mengalami gangguan akibat aktifitas maupun makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Berikut adalah bagian-bagian dari jantung diantaranya:

  • Perikadium merupakan rongga yang berisi air dan memiliki dinding dan lapisan rongga perikardian. Fungsinya sebagai penyangga dan penahan jantung supaya berada dalam posisi yang tepat. Bagian ini terdiri dari lapisan epikardium, miokardium dan endokardium.
  • Serambi atau atrium terdiri atas dua bagian yaitu kanan dan kiri. Serambi kanan sebagai penerima darah kotor dari tubuh, serambi kiri sebagai penerima darah yang bersih dari paru-paru. Bagian ini memiliki dinding dengan karakteristik yang tipis dan tidak berotot.
  • Bilik merupakan bagian bawah dari jantung, terdiri atas bilik kanan untuk memompa dari jantung menuju paru-paru berupa darah kotor, dan bilik kiri sebagai pemompa darah bersih yang dilakukan dari jantung ke seluruh tubuh.

Selain itu terdapat empat katup di jantung diantaranya katup trikuspid yang mengatur aliran darah antar serambi kanan dan bilik kanan, katup pulmonal yang dapat membawa darah menuju paru-paru dan mengatur pengaliran darah dari bilik kanan menuju arteri pulmonalis. Terdapat juga katup mitral dan katup aorta yang masing-masing berfungsi mengalirkan darah dan membuka jalan supaya darah kaya akan oksigen. Pembuluh darah utama yang dimiliki jantung adalah arteri, vena dan kapiler. Sebagai pemilik jantung perlu diketahui bagaimana fungsi jantung dalam mengalami urutan kejadian ketika jantung berdetak. Sistol berfungsi sebagai pemompa darah dan diastol sebagai pengisi darah di jantung.

Berikut adalah cara menjaga jantung diantaranya:

  • Sebaiknya menjauhi diri dari rokok yang menjadi penyebab timbulnya penyakit pada jantung.
  • Lakukan olahraga rutin selama 30 menit setiap harinya untuk membuat kondisi dan detak jantung tetap sehat dan stabil.
  • Mengonsumsi makanan sehat seperti buah, sayuran dan biji-bijian yang melindungi jantung.
  • Sebaiknya mempertahankan berat badan karena tubuh dengan berat berlebih akan menyebabkan penyakit kolesterol dan diabetes.
  • Sebaiknya memiliki waktu tidur yang cukup sehingga saat tidur mata terlihat lebih segar.
  • Mengelola stres yang terdapat pada diri sehingga mengurangi dampak buruk terhadap kondisi kesehatan jantung.
  • Perlu melakukan pemeriksaan jantung secara rutin sehingga akan membantu perkembangan kondisi jantung.

Beberapa gangguan pada jantung yang dapat terjadi adalah aritmia yaitu detak yang teratur, arteri koroner yaitu tersumbatnya aliran darah. Terdapat juga penyakit gagal jantung yang membuat jantung tidak berfungsi memompa. Kardiomiopati dilatasi yang menyebabkan pelebaran bilik jantung sehingga darah tidak teralirkan dan kardiomiopati hipertrofik yaitu kelainan yang menyebabkan bagian bilik kiri menebal dan tidak mampu mengalirkan darah keluar dari jantung.

Penyakit jantung yang terjadi dapat terjadi kepada siapapun sehingga setiap orang perlu merawat kesehatannya. Untuk membuat fungsi jantung tetap sehat dapat melakukannya dengan tertawa karena mampu menghasilkan darah 20% ke seluruh tubuh. Jantung merupakan pompa terbesar yang ada dalam tubuh karena dalam satu menit dapat mengalirkan darah sebanyak 5 liter. Wanita dan pria memiliki perbedaan gejala penyakit dan juga perbedaan ukuran besar walaupun demikian serangan jantung dapat menyerang siapapun.

shares